Iklan merupakan sebuah media marketing yang digunakan sebuah perusahaan ataupun lembaga untuk mempromosikan sebuah produk/jasa ke masyarakat agar dikenal lebih luas. Saat ini iklan merupakan media yang sangat tepat apabila anda ingin mempromosikan produk baru ataupun mempertahankan produk yang sudah ada agar menjadi top of mind dibenak konsumen. Sarana iklan pun lazimnya digunakan menggunakan media cetak maupun elektronik. Media visualisasi yang dapat dilihat dan didengar oleh konsumen adalah media televisi. Membuat sebuah iklan ditelevisi tentunya meperhitungkan banyak faktor seperti biaya yang harus dikeluarkan sekali tayang,siapa endosser (model iklan )yang tepat agar menarik minat dan membujuk konsumen supaya mau membeli produk tersebut,dan pencitraan (image) yang dibentuk dari iklan televise tersebut.
Dari ratusan iklan sebuah produk yang hadir dilayar
kaca,bagi penulis yang begitu menarik perhatian untuk dikaji adalah iklan Es
Krim Magnum Gold. Iklan tersebut dapat kita temukan hampir diseluruh stasiun
televisi yang ada di Indonesia dari pagi sampai malam. Karena seringnya iklan
Es Krim Magnum Gold tampil ditelevisi akhirnya penulis tertarik mencoba produk
keluaran Walls tersebut. Penulis berfikir bahwa produk tersebut benar-benar
berbeda dari es krim yang banyak dijual. Setelah mencoba akhirnya dapat ditarik
kesimpulan bahwa Es Krim tersebut sama saja dengan es krim pada umumnya yakni
manis dan berasa krim dari racikan es krim tersebut.
Ada beberapa hal yang menarik dari hadirnya Es krim Magnum
Gold tersebut. Yang pertama dikarenakan Endosser yang digunakan dalam
mempromosikan produk ini memiliki popularitas dan berskala internasional.
Endosser yang digunakan adalah Benicio Del Toro dan Caroline Correa. Kedua
Endosser tersebut sama-sama memiliki reputasi yang baik dibidang seni peran.
Fakta menarik lainnya adalah pencitraan (image) yang ditimbulkan dari iklan
ini. Iklan Es Krim menciptakan pencitraan (image) kemewahan dan elegan. Bagi
penikmat es krim tersebut diibaratkan setelah menyantap eskrim akan merasakan
sensasi seperti menjadi aris papan atas. Lalu iklan Es krim Magnum Gold juga
alurnya dibuat bercerita petualangan,seolah-olah kedua endosser sedang mencari
sebuah harta karun yang bernilai harganya.
Iklan Es Krim Magnum Gold dapat dijadikan contoh iklan yang
sukses untuk “menghipnotis” konsumen supaya membeli produk tersebut
berulang-ulang. Tampilan Es Krim Magnum Gold dibuat seperti sebuah emas
batangan sehingga bagi konsumen yang membuka langsung membuat ngiler untuk segera
menikmatinya bersama teman ataupun keluarga. Perkiraan penulis pembuatan iklan
ini sangatlah mahal dikarenakan menggunakan artis papan atas. Walaupun
demikianiklan Es Krim Magnum Gold telah sukses menggaet konsumen Indonesia.
Nama : DEDE SUPRIADI
Npm : 11211800
Kelas : 3EA07
Tidak ada komentar:
Posting Komentar